Fikom Quotes! || "Kalian sebagai mahasiwa Fikom Unpad harus inisiatif, peduli, kreatif, dan aktif..." -Fenomena 2011- || "Yang kita usahakan adalah apa yang kita hasilkan saat ini" -Muhammad Ridwan Suriadikusumah- ||

Kamis, 01 September 2011

Profil Unit Kegiatan Mahasiswa Fikom Unpad: dJatinangor


Lembaga Penerbitan Pers Mahasiswa (LPPM) dJatinangor

Oleh: Kelompok 9

Bagi mahasiswa yang memiliki minat besar terhadap dunia jurnalistik dan ingin menyalurkan minat menulis untuk majalah, LPPM dJatinangor merupakan pilihan yang tepat di Fikom Unpad. LPPM (Lembaga Penerbitan Pers Mahasiswa) dJATINANGOR berdiri pada tanggal 5 Mei 1997. Djatinangor memiliki anggota kurang lebih sebanyak 20 orang. Pembina dJatinangor adalah Bapak Sahalah dari sub-prodi Jurnalistik. Djatinangor bergerak secara independen dan terbit tiga bulan sekali. Harga per eksemplar Rp 3.500,- dan sekali cetak sebanyak 700 eksemplar. Setiap eksemplar terdapat 36 halaman. Sistem penjualannya dilakukan secara direct sharing.

Prestasi yang dimiliki LPPM dJatinangor adalah membuat perkumpulan UKM se-Bandung yang diadakan pada tahun 2011. Berita yang diliput LPPM dJatinangor adalah berita di sekitar Jatinangor dan Bandung. Pemasaran dan penjualannya disekitar Jatinangor dan fakultas lain. Dalam penulisan berita, dJatinangor menggunakan bahasa yang berat seperti majalah Tempo dan menggunakan sistem feature. Kegiatan yang rutin diadakan dJatinangor yaitu meliput berita di sekitar Jatinangor dan Bandung, makrab,= dan penerbitan. Acara terbesar yang diadakan oleh dJatinangor antara lain lomba foto se-Unpad dan se-Fikom tahun 2009, pagelaran foto, dan membuat stand dJatinangor.

Kelebihan yang dimiliki dJatinangor yaitu mendapat tantangan baru, seperti membuat event dan mencari iklan. Harapan dari dJatinangor hanya ingin memiliki anggota yang konsisten dan memiliki daya saing. Untuk penerimaan anggota baru, biasanya dJatinangor membagikan majalah gratis dan membuka stand pada acara ulang tahun Fikom. Selain itu, dJatinangor mengadakan diklat untuk menerima anggota baru. Djatinangor tidak membutuhkan anggota yang banyak, tetapi yang dibutuhkan hanya anggota yang konsisten.

Struktur Kepengurusan

Ketua Umum                      : Pritha Sati (Jurnal)
Ketua Divisi Redaksi            : Selly (Jurnal)
Ketua Divisi Perusahaan       : Anisa (Mankom)
Ketua Divisi Humas             : Arini (Humas)
Ketua Divisi Resdoklat         : indra (Jurnal)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar